Rabu, 19 Agustus 2015

Makanan Sehat Untuk Hidup Sehat

Gaya hidup urban yang selalu sibuk dan padat membuat para masyarakat yang hidup di perkotaan tidak memperhatikan kesehatan mereka. Berubahnya pola hidup mulai dari perubahan jam biologis hingga perubahan pola makan setiap orang menjadi salah satu faktor yang menyumbang tingginya penyakit yang menyerang masyarakat perkotaan. Bayangkan berapa banyak racun yang menumpuk di dalam tubuh kita karena polusi dan radikal bebas, belum lagi ditambah dengan gaya hidup tidak sehat yang telah menjadi kebiasaan.

Maka untuk menghindari sakit, sudah seharunya kita harus lebih berhati-hati dan lebih selektif dalam memilih makanan yang menjadi asupan kita sehari-hari. Makan makanan sehat dan bergizi merupakan syarat utama untuk memulai gaya hidup sehat. Berikut kami rangkum berbagai tips and tricks dalam memilih makanan sehat.





1. Sesuaikan Kebutuhan Tubuhmu dengan Asupan Nutrisi yang tepat
Setiap orang memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda-beda, maka dari itu asupan nutrisi yang diperlukan oleh tiap orang pun bervariasi. Terdapat banyak faktor yang mempengaruhi tingkat asupan nutrisimu. Kebutuhan nutrisimu tidak hanya dari dipengaruhi faktor ras, gender dan usia, namun juga dipengaruhi oleh intensitas pekerjaan dan aktifitas sehari-hari.

Hal wajib yang harus kamu perhatikan untuk menemukan asupan nutrisi yang sesuai dengan kebutuhuhan tubuh terlebih dahulu harus mengacu pada ras, umur, gender dan tingkat aktivitas yang kamu lakukan sehari-hari. Untuk Pria dewasa 1.800-2.500 kalori per hari, untu wanita dewasa sekitar 1.500-2.000 kalori per hari ini dilihat berdasarkan aktifitas sedang yang dilakukan sehari-hari.


2. Carilah Makanan yang Tepat!
Dalam mencari makanan kaya nutrisi dan bergizi seimbang juga harus diiringi dengan kesegaran dari bahan pangannya. Penuhi kebutuhan gizimu dengan memilih makanan yang mencakup seluruh gizi yang diperlukan oleh tubuhmu mulai dari Protein, Karbohidrat, Vitamin dan Mineral wajib hadir diseluruh hidangan yang kamu makan. Jangan lupa, yang terpenting adalah makanan tersebut harus freshly made setiap harinya dan kurangi makanan yang instan dan berpengawet seperti aneka Gorengan, Nugget dan Sosis kemasan. Tidak hanya itu kamu harus mulai coba untuk menghindari makanan yang berlemak dan memiliki kadar kolesterol tinggi.

3. Food Combining
Food combining merupakan metode pengaturan makan sehari penuh yang mengacu pada komposisi makanan 4 sehat. Metode ini menjadi salah satu cara paling efektif dalam menyusun pola makan sehat. Karena food combining digunakan atas dasar untuk menekan tingkat munculnya masalah kesehatan dalam hidup masyarakat urban. Nah, metode ini dapat membantu kalian yang sibuk dalam mengatur pola makan sehari-hari. No more hassle!


4. Makan Teratur dengan Porsi yang Layak
Melewatkan waktu makan merupakan kebiasaan buruk yang harus diubah. Karena melewatkan salah satu waktu makan akan berdampak pada asupan nutrisi harian dan bila terus dilakukan dalam waktu yang lama akan mempengaruhi kesehatan kalian. Selain itu makan dengan cara yang sehat bukan berarti makan dalam porsi yang besar dan sepertinya pemikiran ini harus kalian ingat dan lakukan mulai dari sekarang.

Tapi yang harus kalian ingat bahwa untuk merubah gaya hidup seseorang bukanlah sesuatu yang bisa dilakukan dalam waktu singkat, manfaatnya juga tidak akan langsung dapat kita rasakan dalam hitungan hari. Namun ketika tekad dalam menjalani gaya hidup sehat sudah kuat akan bermanfaat untuk kesehatanmu. Sudah siapkah kamu untuk memulai hidup sehat?

sumber: openrice

1 komentar: